Selasa, 25 Oktober 2011

waerebo

ni sebenenrya blog udeh ada dari bbrp bulan yg lalu..tp gw bingung waktu itu mau isi apa..skrg daripada tetep kosong gw isi aja deh..
blog pertama tentaang..
"waerebo"
gw suka banget hiking.. liat pemandangan yang bagus and masih asri alami gitu deh..
pas sebelum gw ke flores..gw TERTARIK banget sama bentuk rumah adat manggarai "waerebo" yg gw tau dari search di internet..pas gw akhirnya sampai flores..dengan bantuan teman gw elsa yang ternyata punya saudara di waerebo..dengan rasa syukur yg super2 akhirnyaa gw kesanaaaa..
karena kalian tauu..susah bgt loh akses transportasi kesana dan sempet mau ga jadi kesana krn berbagai hal.
tp akhirnya bisa jg kesana.........
mungkin kalo ga ada elsa dan mobilnya dan ka obi yg menyupir kita ga akan pernah sampe ke desa terakhir menuju waerebo yaitu desa "denge" ..
perjalanan dimulai gw,elsa,yuyun dan ka obi brangkat dari rumah elsa di leda ruteng....setelah kita berdoa bersama lalu semua bekal siap kitaa brangkaat jam 5 subuh....lalu sampai iteng sekitar jam 7,....kitaa menunggu 2 saudara elsa lainnya..jam setengah 8 kami menuju denge..sampai sana jam 9.30,lalu setelah kita meminta izin dengan pihak yg berwenang kitaa memulai treking yang sangat seruuuu...
3 gunung kecil 3 lembah harus kita lewatin.. awal perjalanan adrenalin kayanya udah full di tubuh..semangaat bgt..trus kita ketemu bule pertama bule bapak2 muda..trus anak muda cowo ganteng..trus beberapa menit kemudian seorang ibu, dan dua anak kecil yg manis..dan satu org cowo dewasa negro..tambah semangaaat gw..masa ama anak kecil kalah..tu anak kecil paling baru sekitar 6-7 taunan lah..gw mikir mungkin ga terlalu jauh perjalanan..
semakin lama.. "koookk jauuuh bangeet...!!"..cape loh and ngos2 an..
dan sekarang gw di belakang..dan yang lain dah didepan..tp gw mutusin buat jalan sesantai mungkin,..pokoknya harus sampai..dan terus berdoa dalam hati..walau kaki dah mau copot,,tapii semangat gw yg bikin kaki itu terus jalan..
ada beberapa penduduk yang lewat dan membawa bawaan super2 berat gw rasa..karung2 lah. dan lain sebagainya yg mau dijual..trus ibu2 yg bawa anaklah..buset mereka hebat banget..tambah semangat deh..

waw ada mata air..jerniiiih banget..rasanya pengen mandii deh..kaya tempat mandi para bidadari..hahaha..kami pun foto2..

trus setelah berjalan..istirahat..jalan lagii..minum..makan kompiang..jalan lagii..
kami sampai di puncak apa namanya ya lupa,pokoknya kita bisa ngeliat denge dari kejauhan..takjub sendiri..masa sih kita bisa jalan sejauuuh ituuuu....desa denge keliataan jauuuh dan keciiil banget..

2 gunung kecil dah kita lewatiin..sekarang kita lgi digunung ketiga..sedikiit lagi sampaiiii...ditengah perjalanan td kita dah sempet putus asa..sekarang semangaaaat lagiii....
tapiiiii....loh kok..ga sampe2 juga yaa..astagaaaa gunung terakhiir paling panjang..walaupun ga banyak daki nya skrg..tapii berliku2 dan  pas gw teriak2 panggil elsa dia ga jawab..mungkin udah jauh banget ya? untung ada ka obi nemenin..
keliataaaaaannn....waerebo dari kejauhaaaannnn..atapnya keliataan
gw langsung semangat 45 nyusul elsa n yuyun..20 menit kemudian..
itu dia elsa n yuyun lagi ngobrol sama penduduk..jarak kerumah adatnya 500 meter lagii..elsa n yuyun sengaja blm turun,,nungguin kita2 yg masih dibelakang..
yaaampuuuuuuun mimpiiiii apaaa gw semaleeem..ada syuting "Ethnic Runaway" acara favorit gw yang bahas tentang kebudayaan indonesia yg masih blm terjamah modernisasi..yaampuun gw pernah pengen bgt liat syuting ni acaraa..dan Tuhan berkehendak..amiiiiin
kami pun turun...dan melihat dengan dekat syuting acara itu..ada Mario lawalata and Jeniffer arnelita dan beberapa kru..

saat break syuting kami pun di sambut tetua adat di dalam rumah adat..untung ada elsa yg bisa bahasa manggarai halus..mereka tau bapaknya elsa looh..karena bapaknya elsa dulu pernah ngajar di sd desa denge,,dan beberapa anak waerebo jg pernah sekolah di desa itu..kami pun semakin disambut dengan ramah..
sebotol bir diberikan untuk tetua adat dan uang yg telah disiapkan diberikan untuk tradisi di waerebo untuk menghormati leluhur
kami pun dijamu makan siang..bersama artis2 dan kru2..kami makan siang bersama dalam rumah adat yang besaaar ituu..rumah adat waerebo inii tanpa paku loh,..semua diikat pake rotan..atapnya dari tumbuhan semacam ilalang..keren deh pokoknyaa...
dan journey to waerebo ini juga dah masuk daftar pariwisata international di manggarai..
gw bangga pernah kesana..melewatii perjalanan yang  "tidak mudah" dan melelahkan tapi disuguhkan keindahan alam yang bener2 amazing...ketemu artis pula di tengah2 gunung ..kalo ketemu dikota mah biasa..hehe..kalian tau rumah adat ini dikelilingi pegunungan..kanan,kiri,depan,belakang gunung..trus diselimuti kabut2 tipis..dingiiiin diluaar....tapii didalam rumah adat hangat deh..
setelah makan siang, kami pun pamitan dan pulang bersama tim 'ethnic runaway'..penduduk disana ramah2..menawarkan kami menginap semalan seperti tim 'ethnic runaway' yg telah bermalam dari kemarin..tapiiii kami juga harus pulaaaang..huhu..
selamaat tinggal waereboo..gw berharap suatu hari nanti bisa kesana lagiiiiiii.....